Dengan ubahan metamorphosis bentuk striping yang lebih new fresh look and totally new dari segi tampilan. Tak ayal, kehadirannya pun semakin membuat setiap orang penasaran. Secara keseluruhan. Desain dan tampilan body, tentu menjadi karakter tersendiri bagi pabrikan Yamaha dalam menelurkan produk barunya.
Secara totalitas. Bentuk
perubahan tampilan si bebek High End
ini, nampak terlihat pada new flasher
dan front portion designnya yang
lebih mengesankan kesan tegas dan sporty.
Tentunya, gubahan Yamaha New Jupiter MX facelift yang dipasarkan oleh PT. YMKI
di awal Januari 2011 ini. Jelas mengindikasikan, seakan Yamaha tahu persis mindset yang dituntut oleh costumers Indonesia. Apalagi, sebelumnya
memang sudah ada gembar-gembornya di akhir 2010 yang lalu. Bahwa Yamaha
sendiri, beberapa bulan sebelumnya. Terlebih dahulu, telah melakukan riset dan
analisis sepadan.
Yamaha Jupiter MX hadir dan dipasarkan dengan dua jenis yang berbeda.
Yakni (Auto Clutch)kopling otomatis
dan (Full Clutch) kopling manual. Yamaha
New Jupiter MX auto clutch, menggunakan kopling basah sentrifugal multiplat
4-speed. Namun, untuk yang berkopling manual menggunakan tipe kopling basah
manual multiplat 5-speed. Sudah
jelas, jika dilihat dari spesifikasinya. Kopling manual lebih mahal dibanding
kopling otomatis. Karena selain, sudah discbrake
depan-belakang. Percepatannya pun sudah menggunakan 5-speed, ditambah dengan ukuran ban yang lebih besar dibanding
kakaknya terdahulu.
Alih-alih, jika melihat perbedaan harga jual yang ditawarkan. Disinyalir,
Yamaha Jupiter MX versi kopling manual. Akan berkompetisi dengan produk dari Honda Supra X 125
injeksi, yang dibanderol dengan harga Rp. 16.500.00,-. Sedangkan untuk yang
versi kopling otomatis, sudah dipastikan masih bersaing dengan lawan lamanya, Honda
Supra X 125 Non CW dan CW.
Menilik pada bagian ubahan performa dapur pacu. Untuk type New
Jupiter MX autoclutch, ternyata tenaga yang dihasilkan memiliki power sebesar 12.14 HP pada 8500RPM,
serta torsi maksimum sebesar 11.79Nm pada 6000RPM. Alih-alih jika dibanding
dengan MX terdahulu. Tentunya power dan
torsi yang dihasilkan pun relatif lebih besar. Sedangkan New Jupiter MX manual,
sanggup mengeluarkan power yang lebih
besar lagi. Yakni, mampu mencapai 12.52 HP pada 8500RPM dan torsi maksimum sebesar
12.14Nm pada 6000RPM. Tentunya dengan kondisi seperti ini. New Jupiter MX
berkapasitas dapur pacu 134,4 cc 4-tak
SOHC liquid cooled. Jelas menawarkan performa yang lebih baik, sesuai
tuntutan konsumen.
Technical features lain yang diaplikasikan. Yaitu,
penggunaan ban belakang 100/70-17, yang lebih besar dari MX sebelumnya. Tentu
saja, bakal mampu menambah kestabilan yang lebih mumpuni ketika dikendarai. Tak
ayal, Diikuti juga dengan kesan tampilan ban yang lebih besar, kekar dan gagah.
Perubahan tinggi dan lebar dimensi yang lebih tinggi pun, sengaja
diakomodasikan oleh PT. YMKI. Sudah jelas, perubahan tersebut guna
mengedapankan rasa kenyamanan saat berkendara bagi si pengguna.
Fitur lain seperti Diasil cylinder, Forged Piston, Throttle Position
Sensor (TPS), pendingin radiator dan AIS. Tentunya, mampu memiliki daya
tahan yang kuat terhadap gesekan. Selain itu, mampu juga menawarkan performa
dan tenaga yang lebih baik pada putaran atas dan bawah. Alih-alih, ukuran ruang
box yang lebih besar serta bentuk speedometer yang lebih sporty. Jelas mampu
mendukung peningkatan value produk tersebut, sesuai dengan harapan dan tuntutan
costumers di Indonesia.
PT. YMKI resmi
membanderol harga, dari dua type yang berbeda tersebut. Untuk Versi Auto Clutch, dibanderol dengan
harga Rp. 15.725.000,- (OTR Bandung). Sedangkan versi kopling manual,
dibanderol dengan harga Rp. 16.450.000,- (OTR Bandung). Well, pilihan warna pun
tentu bisa diseuaikan dengan keinginan dan selera Bikes. Dalam hal ini, Yamaha tentunya
menyuguhkan 4 pilihan warna. Yaitu merah marun, biru muda, hijau serta
oranye. Tentunya dengan tampilan warna
baru yang lebih keren, solid dan sporty.
written and photo by Ramdan Kurniawan
SPESIFIKASI
Yamaha Jupiter MX 2011 (Non-Kopling/Auto
Clutch)
Tipe Mesin
:
SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas
:
134,4 cc
Tenaga
:
12,14 hp/8.500 rpm
Torsi
:
11,79 Nm/6.000 rpm
Transmisi
:
4-Speed
Suspensi
Depan :
Teleskopik
Suspensi
Belakang :
Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan
:
Cakram
Rem
Belakang :
Tromol
Ban Depan :
70/90-17M/C 38P
Ban Belakang :
100/70-17M/C 49P
Busi :
CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
Panjang x Lebar x
Tinggi : 1.960 mm x 695 mm
x 1.080 mm
Kapasitas Tangki : 4 Liter
Harga (OTR Makassar) : Rp. 16.725.000,-
Yamaha Jupiter MX
2011 (Kopling/Full Clutch)
Tipe Mesin
:
SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas
:
134,4 cc
Tenaga
:
12,52 hp/8.500 rpm
Torsi
:
12,14 Nm/6.000 rpm
Transmisi
:
5-Speed
Suspensi
Depan :
Teleskopik
Suspensi
Belakang :
Monocross
Rem Depan
:
Cakram
Rem
Belakang :
Cakram
Ban Depan :
70/90-17M/C 38P
Ban Belakang :
100/70-17M/C 49P
Busi :
CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
Panjang x Lebar x
Tinggi : 1.960 mm x 695 mm
x 1.080 mm
Kapasitas Tangki : 4 Liter
Harga (OTR Makassar) : Rp. 17.032000,-
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete