Thursday, 16 February 2012

YAMAHA NEW JUPITER MX FACELIFT Hadirkan Versi Auto Clutch dan Full Clutch

Awal semester tahun 2011, tentu menjadi target utama yang dilakukan oleh PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI) untuk mendongkrak angka penjualan. Sekaligus meluncurkan juga jagoan barunya yang diberi ngaran Yamaha New Jupiter MX 135 CC. Bagaimana tidak? Beragam technical features yang dihadirkan dari keseluruhan tampilan produk tersebut. Jelas menawarkan rasa dan nilai lebih berbeda. Dibanding dengan produk kompetitor lainnya.


Dengan ubahan metamorphosis bentuk striping yang lebih new fresh look and totally new dari segi tampilan. Tak ayal, kehadirannya pun semakin membuat setiap orang penasaran. Secara keseluruhan. Desain dan tampilan body, tentu menjadi karakter tersendiri bagi pabrikan Yamaha dalam menelurkan produk barunya. 
Secara totalitas. Bentuk perubahan tampilan si bebek High End ini, nampak terlihat pada new flasher dan front portion designnya yang lebih mengesankan kesan tegas dan sporty. Tentunya, gubahan Yamaha New Jupiter MX facelift yang dipasarkan oleh PT. YMKI di awal Januari 2011 ini. Jelas mengindikasikan, seakan Yamaha tahu persis mindset yang dituntut oleh costumers Indonesia. Apalagi, sebelumnya memang sudah ada gembar-gembornya di akhir 2010 yang lalu. Bahwa Yamaha sendiri, beberapa bulan sebelumnya. Terlebih dahulu, telah melakukan riset dan analisis sepadan. 

Yamaha Jupiter MX hadir dan dipasarkan dengan dua jenis yang berbeda. Yakni (Auto Clutch)kopling otomatis dan (Full Clutch) kopling manual. Yamaha New Jupiter MX auto clutch, menggunakan kopling basah sentrifugal multiplat 4-speed. Namun, untuk yang berkopling manual menggunakan tipe kopling basah manual multiplat 5-speed. Sudah jelas, jika dilihat dari spesifikasinya. Kopling manual lebih mahal dibanding kopling otomatis. Karena selain, sudah discbrake depan-belakang. Percepatannya pun sudah menggunakan 5-speed, ditambah dengan ukuran ban yang lebih besar dibanding kakaknya terdahulu. 

Alih-alih, jika melihat perbedaan harga jual yang ditawarkan. Disinyalir, Yamaha Jupiter MX versi kopling manual. Akan berkompetisi dengan produk dari Honda Supra X 125 injeksi, yang dibanderol dengan harga Rp. 16.500.00,-. Sedangkan untuk yang versi kopling otomatis, sudah dipastikan masih bersaing dengan lawan lamanya, Honda Supra X 125 Non CW dan CW. 

Menilik pada bagian ubahan performa dapur pacu. Untuk type New Jupiter MX autoclutch, ternyata tenaga yang dihasilkan memiliki power sebesar 12.14 HP pada 8500RPM, serta torsi maksimum sebesar 11.79Nm pada 6000RPM. Alih-alih jika dibanding dengan MX terdahulu. Tentunya power dan torsi yang dihasilkan pun relatif lebih besar. Sedangkan New Jupiter MX manual, sanggup mengeluarkan power yang lebih besar lagi. Yakni, mampu mencapai 12.52 HP pada 8500RPM dan torsi maksimum sebesar 12.14Nm pada 6000RPM. Tentunya dengan kondisi seperti ini. New Jupiter MX berkapasitas dapur pacu 134,4 cc 4-tak SOHC liquid cooled. Jelas menawarkan performa yang lebih baik, sesuai tuntutan konsumen. 

Technical features lain yang diaplikasikan. Yaitu, penggunaan ban belakang 100/70-17, yang lebih besar dari MX sebelumnya. Tentu saja, bakal mampu menambah kestabilan yang lebih mumpuni ketika dikendarai. Tak ayal, Diikuti juga dengan kesan tampilan ban yang lebih besar, kekar dan gagah. Perubahan tinggi dan lebar dimensi yang lebih tinggi pun, sengaja diakomodasikan oleh PT. YMKI. Sudah jelas, perubahan tersebut guna mengedapankan rasa kenyamanan saat berkendara bagi si pengguna. 

Fitur lain seperti Diasil cylinder, Forged Piston, Throttle Position Sensor (TPS), pendingin radiator dan AIS. Tentunya, mampu memiliki daya tahan yang kuat terhadap gesekan. Selain itu, mampu juga menawarkan performa dan tenaga yang lebih baik pada putaran atas dan bawah. Alih-alih, ukuran ruang box yang lebih besar serta bentuk speedometer yang lebih sporty. Jelas mampu mendukung peningkatan value produk tersebut, sesuai dengan harapan dan tuntutan costumers di Indonesia.

PT. YMKI resmi membanderol harga, dari dua type yang berbeda tersebut. Untuk Versi Auto Clutch, dibanderol dengan harga Rp. 15.725.000,- (OTR Bandung). Sedangkan versi kopling manual, dibanderol dengan harga Rp. 16.450.000,- (OTR Bandung). Well, pilihan warna pun tentu bisa diseuaikan dengan keinginan dan selera Bikes. Dalam hal ini, Yamaha tentunya menyuguhkan 4 pilihan warna. Yaitu merah marun, biru muda, hijau serta oranye.   Tentunya dengan tampilan warna baru yang lebih keren, solid dan sporty.

written and photo by Ramdan Kurniawan


SPESIFIKASI
Yamaha Jupiter MX 2011 (Non-Kopling/Auto Clutch)
Tipe Mesin                                           : SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas                                              : 134,4 cc
Tenaga                                                  : 12,14 hp/8.500 rpm
Torsi                                                      : 11,79 Nm/6.000 rpm
Transmisi                                              : 4-Speed
Suspensi Depan                                    : Teleskopik
Suspensi Belakang                               : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan                                           : Cakram
Rem Belakang                                      : Tromol
Ban Depan                                            : 70/90-17M/C 38P
Ban Belakang                                        : 100/70-17M/C 49P
Busi                                                        : CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
Panjang x Lebar x Tinggi                      : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Kapasitas Tangki                                  : 4 Liter
Harga (OTR Makassar)                          : Rp. 16.725.000,-

Yamaha Jupiter MX 2011 (Kopling/Full Clutch)
Tipe Mesin                                            : SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas                                              : 134,4 cc
Tenaga                                                  : 12,52 hp/8.500 rpm
Torsi                                                      : 12,14 Nm/6.000 rpm
Transmisi                                               : 5-Speed
Suspensi Depan                                    : Teleskopik
Suspensi Belakang                               : Monocross
Rem Depan                                           : Cakram
Rem Belakang                                      : Cakram
Ban Depan                                            : 70/90-17M/C 38P
Ban Belakang                                        : 100/70-17M/C 49P
Busi                                                      : CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
Panjang x Lebar x Tinggi                        : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Kapasitas Tangki                                   : 4 Liter
Harga (OTR Makassar)                                       : Rp. 17.032000,-

1 comment: